Wisata Pulau Samosir : 4 Tempat Terbaik Menikmati Danau Toba,

BINJAIPOS.COM Danau Toba di Sumatera Utara memiliki pemandangan yang sangat indah dan sudah dikenal hingga ke mancanegara.

Danau ini begitu luas, hingga mencakup wilayah tujuh kabupaten yakni Kabupaten Karo,Tapanuli Utara,Samosir,Toba Samosir,Simalungun,Humbang Hasundutan,dan Dairi.

Danau yang terbentuk akibat aktivitas tekto-vulkanik 75 ribuan tahun silam ini memiliki panjang sekitar 100 kilometer dan lebar 30 kilometer.

Ukuran yang demikian masif menjadikan Danau Toba menjadi danau terbesar di Indonesia dan Asia Tenggara.

Tiap jengkal danau yang di tengahnya terdapat pulau vulkanik bernama Pulau Samosir ini merupakan spot yang memiliki keunikan tersendiri.

Wisatawan pun tertantang terus mencari sudut terbaik untuk mengabadikan keindahan Danau Toba serta daerah sekitarnya.

Berikut beberapa lokasi terbaik untuk menikmati pemandangan Danau Toba dari beberapa kabupaten.

1. Bukit Tarabunga, Balige

Keindahan Danau Toba bukan saja bisa disaksikan dari kawasan Parapat maupun Samosir saja. Ada Bukit Tarabunga di Balige, Sumatera Utara yang memiliki pemandangan barisan bukit di pinggir danau.

Banyak fotografer berburu foto dan waktu pemotretan terbaik untuk mengabadikan Danau Toba dari Bukit Tarabunga. Saat matahari terbit dan terbenam, gradasi langit jingga di ufuk timur-barat begitu memukau.

Pengaruh cahaya ini membuat pemandangan Danau Toba nampak begitu menawan.

Demikian juga pada saat udara cerah, warna biru langit yang memantul ke permukaan danau memberi efek menyejukkan mata.

2. Panatapan Sibodiala, Balige

Panatapan Sibodiala, Soposurung, Balige, Toba Samosir, Sumatera Utara merupakan lokasi terbaik bagi wisatawan yang ingin melihat Kota Balige dan Danau Toba dari dataran tinggi.

Dari Panatapan Sibodiala, penggemar jalan-jalan juga bisa mengamati hamparan warna-warni sawah serta pantai pasir putih di pesisir Danau Toba.

Malam di Panatapan Sibodiala, Soposurung, Balige, Toba Samosir, Sumatera Utara akan membuat Anda betah mengamati bintang di angkasa.

Kerlap-kerlip bintang terlihat di langit, berpadu kemilau sinar lampu dari Kota Balige. Sayangnya, wisatawan masih belum bisa berlama-lama hingga larut malam di Panatapan Sobodiala. Daerah ini minim lampu jalan yang dapat menjadi penerangan saat naik dan turun bukit.

Akses jalan juga cukup sempit, Anda harus hati-hati mengemudikan kendaraan bermotor. Tidak ada penginapan atau warung yang berjualan di malam hari. Penduduk juga jarang melewati jalan tersebut karena tidak banyak rumah di sekitar Panatapan.

3. Taman Simalem Resort, Tanah Karo

Wilayah Tanah Karo, Sumatera Utara memiliki daerah yang cocok untuk mengamati pemandangan Danau Toba. Lokasi itu adalah Taman Simalem Resort, sebuah tempat wisata di Desa Merek, Tanah Karo.

Untuk mencapai Taman Simalem Resort, ada jalur One Tree Hill yang dapat Anda temukan jika belok kanan ke arah kebun jeruk dari gerbang depan. Dari Taman Simalem Resort, wisatawan bisa menikmati Danau Toba, barisan bukit, perkotaan dan persawahan di Kabupaten Karo dari titik tertinggi resort ini.

Anda bisa melihat leluasa karena ada pembatas pagar besi yang membuat anda tak perlu takut jatuh saat berada di puncak.

Simalem dalam bahasa Batak Karo berarti sejuk dan nyaman, sesuai kondisi alamnya.

Tidak semua orang bisa datang dan menikmati pemandangan tersebut, karena untuk mencapai One Tree Hill harus menjadi tamu Taman Simalem Resort.

Pejalan kaki dikenakan biaya masuk untuk melihat view Danau Toba dari Simalem Resort Rp 50 ribu, sepeda motor Rp 85 ribu, mobil maksimal 8 seat Rp 250 ribu, mini bus maksimal 15 seat Rp 500 ribu, bus maksimal 20 seat Rp 900, bus di atas muatan 20 seat Rp 1,2 juta.

Harga tiket masuk itu sudah mendapatkan kupon diskon untuk memasuki beberapa fasilitas yang ditawarkan di dalam Simalem Resort.

Biaya masuk tersebut belum termasuk biaya jika anda mengunjungi beberapa fasilitas Simalem Resort yang memungut biaya seperti lapangan outbond, paintball, air terjun dan lain-lain.

4. Bukit Simarjarunjung, Simalungun

Pemandangan Danau Toba juga bisa dinikmati dari Bukit Simarjarunjung, Tigaras, di Si Sapu Angin, Simalungun, Sumatera Utara. Puncak Simarjarunjung merupakan puncak bukit untuk bisa melihat pemandangan indah persawahan, kebun teh, dan Danau Toba.

Jika cuaca sedang bagus,tidak berkabut, dan matahari tidak terlalu terik, para wisatawan dapat melepas pandangan ke bukit-bukit hijau sekitar Danau Toba, gunung dan kilauan air danau yang biru.

Ketika berkunjung kesini, jangan lupa untuk membawa jaket dan bekal jika ingin berlama-lama disini. Bukit Indah Simarjarunjung ini juga sering di gunakan untuk wisata camping bagi para pecinta alam.

 

Uncategorized, Wisata

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *