Uniknya Boneka Sigale-gale

Binjai Pos.com-Sumatera Utara memiliki banyak keunikan, baik itu dari segi bahasa, suku dan budaya. Salah satu keunikan Provinsi Sumatera Utara adalah boneka Sigale-gale yang berada di pulau Samosir. Boneka yang satu ini selalu menarik perhatian pengunjung, bahkan tak jarang ada yang mengabadikan keberada boneka ini dengan ponsel dan lainnya.

Sejarah keberadaan boneka ini pun menjadi daya tarik tersendiri yang selalu ingin diketahui masyarakat. Boneka ini adalah boneka yang sengaja dibuat untuk menghibur duka lara yang melanda raja Rahat. Dahulu, raja Rahat hanya memiliki satu anak yang meneruskan tahtanya. Nama anak raja tersebut Sigale-gale. Anak tersebut miliki karisma dan wajah yang sangat tampan.

Sigale-gale pun ikut dalam perang, namun naas ia pun meninggal di medan perang. Mendengar hal tersebut, raja pun dirundung sedih yang berkepanjangan. Sang Raja pun jatuh sakit. Tabib yang berusaha mengobati raja pun mengatakan bahwa sakitnya raja karena rasa rindu pada putra kesayangannya.

Tabib pun menyarankan memahat kayu menyerupai wajah tampan putra raja tersebut. Upacara pun dilakukan, dan tabib memanggil roh Sigale-gale lalu dimasukkan ke boneka kayu tersebut. Boneka tersebut pun bergerak, dan menari dengan iringan musik batak. Raja Rahat pun sangat senang melihat boneka itu. Semenjak itu pun, boneka sigale-gale pun sangat terkenal dan selalu dilestarikan oleh masyarakat tersebut.

Khas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *