Trafficking Mulai Merambat Ke Indonesia

Binjai Pos.com-Human trafficking adalah segala transaksi jual beli terhadap manusia. Perdagangan manusia ini mulai merambah ke negara Indonesia. Lima warga Purwakarta dikabarkan telah menjadi korban pedagangan manusia di negeri Cina.  Hal ini turut ditegaskan Dedi Mulyadi selaku Bupati Purwakarta (28/7). Ketua DPD Partai Golkar Jawa Barat ini mengatakan siap membawa kasus ini ke pihak Kemenlu RI. Kita siap jika memang harus ke Cina, yang penting kelima warga saya kembali ke tanah air, tambahnya. Adapun ke-lima korban trafficking asal Purwakarta tersebut adalah VN (20), CEP (23), Y (28), DF (26), MRD (16) yang masih dibawah umur yang beralamat di kampung  Pasanggrahan, Desa Cilegong.

Dedi juga sempat menggali informasi ketika bertemu kedua orang tua dari korban, jumat (27/7). Nur Hidayat (53), selaku orang tua dari MRD mengutarakan kecemasannya. Ia mengatakan bahwa tidak mengetahui anaknya akan menjadi korban trafficking, karena anaknya hanya mengaku bekerja sebagai SPG kecantikan. Ia pun kaget, karena mengetahui keberadaan anaknya di negeri tirai bambu tersebut.  Saat ini Nurhidayat hanya  bolak balik ke Mapolda Jabar untuk mengetahui  proses pemulangan anaknya.

Orang tua dari DF (26)bernama Ai (55) juga mencemaskan anaknya. MDR dan DF merupakan dua orang sahabat sepermainan ungkapnya. Namun tidak mengetahui hal semacam ini menimpah keluarganya. Saat bertemu Vivi, ia mendapat penjelasan bahwa anaknya di negeri Cina dipekerjakan sebagai pekerja kawin kontrak. Anak saya boleh pulang ke Indonesia selama tiga bulan sekali, paparnya. Namun,anak saya disekap ternyata dan tidak mendapatkan gaji yang dijanjikan.

 

 

 

Peristiwa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *