Tradisi Nasi Tumpeng Di indonesia

BINJAIPOS.COM- Pemotongan pada nasi Tumpeng  yang dilakukan pada saat saat perayaan yang ada di Indonesia .

Makanan yang berwrna kuning ini sudah menjadi taradisi di berbagai wilayah wilayah Indonesia khususnya di Jawa, Bali dan Madura.

Nasi Tumpeng yang hadir hanya setiap perayaan -perayaan, syukuran maupun acara selamattan

Tetapi untuk saat ini banyak sekali orang oarang yang tidak mengetahui kenpa nasi Tumpeng ini selalu hadir dealam momen untuk acara syukuran

Dilansir dari berbagai sumber, kehadiran tumpeng dalam setiap perayaan merupakan simbol penghormatan kepada Tuhan dan para leluhur.

Bentuk kerucut pada tumpeng merepresentasikan puncak gunung atau konsep Ketuhanan.

Tidak hanya itu saja , warna kuning pada nasi tersebut juga men simbolkan warna emas yang diartikan kemulian yang megah .

Pemotongan nasi tumpeng ini yang sering dilakukan saat perayaan perayaan yang ada di seluruh indonesia.

Sedangkan lauk pauknya berjumlah dengan tuju macam , orang jawa bilang Pitu yang artinya adalah Pitulunggan ( pertolongan dari Tuhan )

Ketujuh macam lauk pauknya yang ada di nasi tumpeng ini menyibolkan kayanya sumber daya alam di indonesia , yang terdiri di berbagai macam seperti laut , darat dan udara .

Di jawa pula juga sangat banyak macem -macem nasi tumpeng sebagai berikut :

1 Tumpeng Megana

Tumpeng ini biasanya hadir pada saat hari kelahiran.Berbeda dengan tumpeng tumpeng yang biasanya berwarna kuning , tumpeng ini melainkan berwarna putih yang menyimbolkan Kesucian .

Tumpeng ini memiiliki ciri khas yaitu terletak telur rebus , bawang merah dan cabai yang terletak di atas nasi tumpeng tersebut yang menpunyai makna tertentu .

2 Tumpeng Punar

Tumpeng ini biasanya hadir pada saat ulang tahun dan mendapatkan rezeki yang berlimpah

Tumpeng ini menggunakan laukb  pauk seperti , kedelai goreng , abon ,tempe goreng dan sebagainya

3 Tumpeng Pengukur

Tumpeng pungkur biasanya menggunakan nasi putih yang dicetak setengah kemudian dibelah menjadi dua secara vertikal dan dipasang terbalik.

Dari namanya, pungkur memiliki arti kembali, sehingga tumpeng pungkur biasa hadir disetiap acara kematian di beberapa daerah yang masih kental dengan budayanya

 

Kuliner

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *