Terkikisnya Keberadaan Seni Sikambang Sibolga

Binjai Pos.com- Sibolga merupakan salah satu daerah pesisir yang terletak di Povinsi Sumatera Utara. Bahasa dan budaya yang dimiliki oleh masyarakat Sibolga hampir sama dengan bahasa dan adat budaya masyarakat pesisir lainnya. Adapun daerah-daerah pesisir yang mempengaruhi bahasa dan budaya Sibolga, diantaranya Padang, Tanjung Balai, Riau, Aceh , dan lainnya.

Salah satu kahas budaya Sibolga yaitu tarian Sikambang. Tarian ini merupakan tarian khas pesisir yang menggunakan pantun dan sajak-sajak dalam lantunan lagunya. Selain itu, tarian ini juga memiliki makna yang sangat hallus dan memiliki pesan kebersamaan. lagu-lagu yang halus mengisayratkan sikap dan sopan santun masyarakat pesisir pada umumnya.

Tarian ini biasanya dilaksanakan ketika ada pesta pernikahan, karena banayak pesan yang disampaikan kepada mempelai via lagu yang disenandungkan oleh pemain musik sikambang tersebut. Selain itu, sikambang juga disuguhi tarian-tarian yang sarat akan pesan melalui gerakan-gerakannya. Gerakan tarian ini seperti tari payung, tari selendang, dan tari sapu tangan.Pesan yang disampaikan dalam tarian ini adalah suami selalu melindungi sang istri apa pun yang terjadi baik susah maupun senang, sang istri pun demikian. Selalu melakukan komunikasi, saling percaya, dan mendukung satu samalain.

Keberadaan Sikambang pun mulai terkikis  oleh zaman. pesta di pesisir sibolga lebih banyak menggunakan organ dalam perhalatannya. Sikambang pun hanya bisa kita saksikan jika hari-hari besar Sibolga, seperti Hut Sibolga, dan festival-festival tahunan.

Khas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *