Rumah Terapung

Binjai Pos.com Sibolga merupakan salah satu kota yang terletak di Povinsi Sumatera Utara. Kota ini terkenal dengan sebutan kota ikan. Hal ini dikarenakan sebagian besar masyarakat bekerja sebagi nelayan, dan berdomisili di daerah pesisir pantai. Kota Sibolga hampir 70% ┬áterdiri dari lautan. Pemandangan kota Sibolga tidak terlepas dari rumah yang bebaris di atas laut. Rumah ini dinamakan “Rumah Terapung”. Rumah terapung berbahan dasar kayu dan beratapkan rumbiah.

Rumah Terapung ini, menjadi salah satu khas kota Sibolga. Rumah yang berbaris daiatas lautan biru menambah citra kota Sibolga bagi pengunjung yang mentamasya ke kota tersebut. Adapun alasan didirikannya rumah tersebut oleh penduduk setempat adalah untuk mempermudah mereka melakukan aktivitas sehari-hari. aktivitas tersebut antara lain, merebus ikan yang akan diolah menjadi ikan asin. Memancing ikan, atau sekedar tempat untuk memandang lautan. Adapula yang memanfaatkan rumah terapung sebagai tempat berjualan makanan, bahkan menjadi rumah makan favorit pengunjung. Ini terjadi karena rumah makan terapung menyediakan makanan-makanan khas Sibolga.

Mendirikan rumah terpung tidaklah mudah. Membutuhkan kerja sama dan kebersamaan untuk membangun satu rumah terapung. Inilah salah satu momen yang merajut kebersamaan dan jiwa gotong royong masyarakat kota Sibolga. Jika ada salah satu keluarga yang membangun rumah terapung, maka keluarga yang lainnya juga ikut mengambil bagian. Bahan-nahan yang digunakan untuk membuat rumah terapung masih alamiah, yaitu bahan baku kayu dan atapnya terbuat dari daun rumbiah yang disusun menjadi sebuah atap. Bangunan rumah terapung masih tergolong diunamis dan sederhana. Namun tak jarang juga ada yang memodif rumah panggung sesuai dengan selerah masing-masing. Hal ini bertujuan agar rumah terapung tersebut lebih unik dan mewah.

Khas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *