Nias Punya Tari Maena

Binjai Pos.com-Nias adalah salah satu pulau yang berada di Provinsi Sumatera Utara. Pulau ini memiliki suku yang bernama suku Nias. Masyarakat suku Nias memiliki keunikan tersendiri dibandingkan dengan suku-suku lainnya yang berada di Sumatera Utara Keunikan tersebut meliputi, bahasa, pakaian adat, rumah adat, budaya serta tarian yang mereka miliki.

Salah satu tarian suku Nias dinamakan tarian maena. Tarian ini dilakukan oleh masyarakat nias secara massal, atau tarian yang dilakukan secara bersama-sama. Kegiatan ini dilakukan ketika menyambut tamu negara, atau acara-acara besar suku Nias, seperti pernikahan, festival budaya, dan lainnya.

Tarian maena memiliki makna kebersamaan dan rasa suka cita yang diperlihatkan oleh masyarakat Nias. Gerakannya pun mudah dipelajari. Nyanyian yang mengiringi tarian ini berasal dari suara penari itu sendiri, dan tempo lagu disesuaikan dengan gerakan.

Busana yang dipakai oleh penari maena biasanya menggunakan pakian kebesaran mereka yaitu pakaian adat nias, lengkap dengan atribut-atributnya. Namun, bagi penonton yang ingin ikut dalam tarian ini diperbolehkan, walaupun tidak memakai busana Nias tersebut.

Tari ini bisa dilakukan oleh siapa saja, baik itu laki-laki, perempuan, tua, maupun muda. Menurut masyarakat Nias, semakin banyak yang ikut serta dalam tarian ini maka makin  bersuka citalah semua dalam acara tersebut. Masyarakat Nias terus melestarikan budaya yang mereka miliki ini, sehingga kita bisa menjumpai tarian tersebut dalam acara-acara besar suku Nias.

Khas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *