Mitos Hombo Batu

Binjai Post.com- Nias adalah salah satu pulau yang teletak di Provinsi Sumatera Utara. Pulau yang dikelilingi  lautan ini sangat terkenal dengan budaya “Hombo Batu”. Hombo batu sendiri adalah budaya melompat batu yang dilakukan oleh pemuda yang telah menginjak usia dewasa. Hal ini dulu dilakukan untuk membantu pasukan perang agar bisa mempertahankan tanah kelahirannya. Namun, ada mitos yang selalu dipegang oleh masyarakat Nias dari dulu hingga sekarang. Mitos tersebut adalah, hombo batu dialkukan oleh pemuda di daerah tersebut agar mendapat restu. Restu yang diminta yaitu untuk mempersunting anak gadis di daerah tersebut.

Mitos tersebut pun diyakini masyarakat sebagai bukti keserius pemuda untuk melamar anak gadinya. Bagi mereka apabila telah mampu melakukan lompat batu, maka lelaki teersebut pun telah siap menanggung semua resiko dalam berkeluarga kelak. Apapun yang terjadi dalam bahtera kelurga yang dibina nanti oleh pemuda tersebut pasti mudah karena telah mendapat kedua restu dari orang tua kedua mempelai. Hal inilah yang membuat pada masa dahulu pemuda nias banyak yang bisa melompati batu setinggi 2 meter tersebut.

Seiring zaman berganti, pola pikir masyarakat Nias pun mulai modern. Mereka tidak lagi mempermasalah bisa atau tidaknya pemuda lompat batu untuk mempersuting anak gadis nias. Pemuda Nias pun tidak banyak lagi yang mampu menaklukkan batu setinggi 2  meter tersebut. Hombo batu pun hanya dilakukan jika ada pertunjukan budaya, kalau pun kita ingin melihatnya maka kita harus membayar biaya sesuai yang diinginnkan oleh pemuda tersebut. Namun, hombo batu masih menjadi ciri khas budaya di daerah yang dikelilingi lautan tersebut.

Khas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *