Keunikan Ikan Panggang Geleng

Binjai Pos.com-Sibolga adalah salah satu daerah Sumatera Utara yang daerahnya berada di pesisir pantai. Berhubung daerah tersebut berada dekat laut, ternyata mempengaruhi makanan dan kesukaan masyarakatnya. Ikan adalah hasil terbesar pekerjaan masyarakat Sibolga. Hal ini karena mereka mendominasi pekerjaan seabagi nelayan. Makanan khas mereka pun tidak jauh-jauh dari hasil lautan. Salah satu makanan khasnya adalah ikan panggang geleng.

Pangang geleng adalah makanan yang bahan utamanaya adalah ikan. Ikan yang seing digunakan adalah ikan gembung kuring. Hal ini karena di Sibolga banayak menghasilkan ikan tersebut. Cara memasak ikan ini pun masih sederhana. Pertama-tama ikan dibersihkan dan isinya dikeluarkan dari badannya. Kemudian isi tersebut dicampurkan dengan kentang yang yang telah dihaluskan sebelummnya. Lalu, dicampurkan dengan bumbu seperti bawang putih, bawang merah dan bumbu lain seperti garam, merica, dan bumbu-bumbu lainnya. Setelah semua tercampur rata,masukakkan kembali isi tersebut ke badan ikan. Sehingga seperti sediakalah. Lanjut masukkan ikan tersebut di dalam telur yang telah diaduk sebelumnya. Panaskan minyak goreng, lalu celupkan ikan dan tunggu sampai kekuningan. Masakan ikan panggang geleng pun siap dihidangkan.

Masyarakat yang memekan ikan ini pun banyak yang bertanya-tanya asal-muasal nama ikan tersebut. Bagaimana tidak, namanya saja ikan panggang geleng. Padahal masakannya digoreng. Nama ikan panggang geleng sendiri sebenarnya ikan tersebut hendak dipanggang, kemudian orang yang hendak memanggang pun menggeleng dan berpikir ingin menggoreng ikan tersebut. Sehingga nama ikan tersebut pun dinamai ikan panggang geleng. Terlepas dari asal nama masakan tersebut, makanan yang satu ini telah menjadi salah satu makanan khas Sibolga.

 

Khas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *