Keindahan Pantai Talise Palu Sebelum Tsunami Menerjang Kota Palu : Pantai Ini Mempunya Panorama Sunset yang Sangat Indah.

BINJAIPOS.COMĀ Gempa bumi dan Tsunami yang menguncang kota Palu, Sulawesi Tengah, pada Jumat (28/9/2018) kemarin, membuat Pantai Talise terkena imbasnya.

Pantai Talise adalah sebuah pantai yang letaknya tak jauh dari Kota Palu, tepatnya di sepanjang teluk Palu. Lokasi pantai ini berada di sepanjang Jalan Rajamoli sampai Jalan Cut Mutia.

Sebelum terjadinya Gempa dan Tsunami di wilayah Palu, Pantai Talise terkenal dengan pantai yang memiliki pasir putih dengan ombaknya yang tenang dan memukau. Memandang keindahan teluk dari Pantai Talise disore hari menjadi lokasi yang tepat untuk menghabiskan waktu sore.

Memiliki keindahan sunset, Pantai Talise ini juga memiliki perbukitan yang mempesona dan akan memanjakan mata pengujung dengan keindahan panoramanya.

Selain hanya menikmati keindahannya, aktivitas yang dilakukan disana antar lain renang,menyelam,memancing, hingga sky air. Berada dekat dengan pusat kota menjadikan pantai ini banyak dikunjungi oleh masyarakat sekitar dan para wisatawan.

Sambil menikmati keindahannya, pengujung juga bisa mejajal aneka jajanan yang dijual disana. Di antaranya pisang goreng, pisang eppe,jagung, teh, kopi, dan sarabba.

Sarabba adalah minuman khas makassar yang sangat lezat disantap pada saat hangat, minuman ini hampir sama dengan bajigur. Jika ingin berkunjung kesana, waktu yang tepat adalah di sore hari.

Karena matahari akan turun dan menampakkan sunset nan eksotis. Di malam hari wisatawan akan dimanjakan dengan keindahan lampu yang warna warni dari perahu nelayan yang tengah berlayar.

Namun, panorama keindahan Pantai Talise kini hilang dalam sekejab karena terjangan Tsunami.

Di lansir dari Kompas.COM, ada seorang saksi mata yang menyebutkan banyak korban meninggal dunia di Pantai Talise setelah serangan tsunami yang menghantam kawasan tersebut.

Kerusakan Pantai Talise juga dilaporkan sangat parah. Bahkan jalan raya yang memiliki dua jalur kini sebagian sudah lenyap di terjang gelombang Tsunami.

“Jalan raya hanya menyisakan sebagian, sebagian lainnya hancur,” kata seorang saksi mata Nining (32), dikutip dari Kompas.com, Sabtu (29/9/2018).

Sejarah mencatat, sebagian besar gempa di wilayah Sulawesi Tengah disebabkan oleh sesar Palu Koro.

“Disebabkan oleh sesar Palu Koro yang berada di sekitar Selat Makassar,” kata Rahmat Triyono, Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG dalam konferensi pers, Jumat (29/8/2018).

Peristiwa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *