Indonesia Meraih Medali Emas Diajang IMC

Binjai Pos.com- Anak negeri, lagi-lagi mengharumkan nama Indonesia di kancah dunia. Bimo Adityarahman Wiraputra, yang merupakanmahasiswa Institut Teknologi Bandung (ITB) berhasil membawa medali emas atau first prize dalam ajang International Mathematic Competition (IMC) 2018 yang diadakan di Bulgaria.

Mahasiswa Prodi Teknik Informatika STIE-ITB ini berhasil mengalahkan 351 peserta lain dari berbagai belahan dunia. Bimo mengaku tak menyangka bahwa dirinya mampu membawa kebanggaan bagi Indonesia, apalagi memboyong medali emas. Ia mengaku bangga bisa membawa nama kampus tercintanya di mata dunia. Baginya, medali tersebut ia persembahkan kepada almamaternya, orang tua, dan teman-teman satu tim bimbingan.

Menurutnya, tidak ada hal khusus yang harus dipersiapkan ketika ikut kompetisi, ia hnaya rajin mengerjakan soal-soal bersama tim bimbingannya, kemudian membaca buku topik-topik yang akan diujikan. Ia mengakui bahwa soal-soal yang diujika bermacam ragam, dari haltingkatan yang mudah hingga sulit. Namun, ia bersyukur mampu mngerjakannya dengan baik. Mahasiswa yang menyukai analis riil dan kombinatorika dalam matematika ini menambahkan, banyak pengalaman yang berharga yang dibawa olehnya sebagai oleh-oleh IMC.  Menurutnya, pengalaman tersebut sebagai bekal agar ia lebih giat lagi dalam belajar.

Afif Human, M.Si selalu dosen Prodi Matematika FMIPA-ITB menyatakan bahwa ini adalah medali kedua yang diraih ITB setelah sebelumnya didapatkan oleh mahasiswa Muhammad Al-Kahfi pada tahun 2015 lalu. Dosen mudah ini juga menambahkan bahwa mahasiswa ITB  yang meraih penghargaan Honorable Mention diajang IMC 2018 yakni  Mohammad Zulfikar Aditya, dan Laurence Petrus Wijaya. Mahasiswa yang mengikuti IMC 2018 perwakilan Indonesia sebanyak 9 pesertA dan 6 diantaranya merupakan mahasiswa ITB.

 

 

Peristiwa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *