Jumlah Korban Gempa Bumi di Lombok

Binjai Pos.com– Gempa bekekuatan 6,4 Skala Richter (SR) melanda Pulau Lombok Nusa Tenggara Barat. Kejadian tersebut terjadi pada hari Minggu, 29 Juli 2018 pukul 06/47 WITA. BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Nusa Tenggara Barat melaporkan bahwa jumlah korban yang meninggal tercatat sementara sebanyak 16 orang. H Mohammad Rum selaku Kepala BPBD NTB menjelaskan bahwa sampai pukul 20.00 WITA (29/7), jumlah korban yang meninggal masih 16 orang.

Korban yang meninggal di kabupatean Lombok Utara sebanyak empat orang, yaituRusdin(34), Juniarto (8), Nutranep (13), dan Sandi (20). Sedangkan dari kecamatan Sambelia, kabupaten Lombok Timur sebanyak 9 orang ,yakni,Herli (9), Zarha (3), Adiatul Aini (27), Papuk Bmbang (60), Herniati (35), Fatmirani (27), Mapatul Akherah (7), Firdaus (7),dan Baiq Nila Wati (19). Di kecamatan Sambalun bernama Inak Marah (80).

Wisatawan yang meninggal dunia dua orang, yakni Muhammad Ainul Muksin yang berasal dari Makassar, Sulawesi Selatan. Korban tewas tertimpa longsor pada saat mendaki Gunung Rinjani. Selain itu ada Siti Nur Ismawida (30), yang berasal dari Malaysia. Korban tertimpah tembok tempatnya menginap di Sambalun.

Rum juga menambahkan bahwa, korban yang luka berat dan ringan di kecamatan Sambelia dirawat di Puskesmas Belanting sebanyak 62 orang, di kecamatan Sambalun 29 orang, dan di lapangan Obel-obel sebanyak 51 orang. Sedangkan di kabupaten Lombok Utara, 41 luka ringan dan 5 orang mengalami luka berat.
Ketua BPBD NTB ini juga menghimbau agar masyarakat menghubungi Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Mataram guna mengetahui proses evakuasi.

Peristiwa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *