Dampak MEA Bagi Indonesia

Binjai Pos.com- Indonesia adalah salah satu negara  terpadat penduduknya. Di dunia negara ini merupakan negara yang menduduki peringkat ke-3 setelah negara India dan Amerrika Serikat. Walau pun penduduknya terbanyak, namun Indonesia menempati urutan ke-92 sebagai negara termiskin dunia. Hal ini menunjukkan Indonesia masih harus membenah tata perekonomian negaranya. Terlebih lagi dengan adanya MEA (Masyarakat Ekonomi ASEAN).

MEA adalah salah satu cara negara-negara di ASEAN untuk meluaskan jalur perdagannya. Indonesia telah menandatangani kerja sama tersebut. Kita sebagai bangsa harus menyiapkan diri. Tujuan pemerintah ikut andil dalam perdagangan ASEAN adalah untuk mengurangi angka pengangguran yang terjadi di negara tersebut. Namun, masih banyak masyarakat merisaukan dampak yang terjadi pada mereka dengan masuknya MEA. Indonesia harus mematangkan diri menyambut masuknya MEA di negaranya. MEA memang membawa dampak positif dan negatif bagi bangsa Indonesia.

Dampak positif MEA adalah untuk mempermudah transaksi ekspor dan impor yang terjadi di ASEAN. Meningkatkan invistasi negara sehingga perekonomian Indonesia membaik. Memberikan kesempatan bagi bangsa Indonesia bekerja di luar negeri. Namun, dampak positif selalu membawa dampak negatif juga.Adapun dampak negatif MEA adalah jumlah saing bangsa Indonesia untuk mendapatkan pekerjaan makin bertambah. Daya saing makin meningkat, dan kemampuan berbahasa asing bangsa Indonesi harus ditingkatkan. Hal ini mengkhawatirkan merusak tatanan bahasa Indonesia.

Tingginya daya saing dan tuntutan membuat bangsa Indonesia harus selalu berpikir positif. Membentengi diri dari kemungkinan-kemungkinan yang terjadi, dan tetap selalu membuat diri menjadi lebih baik lagi. Bangsa Indonesia harus siap menerima masuknya MEA di negaranya

Peristiwa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *