Cara Mengatasi Pilek

Binjai Pos.com- Setiap orang pasti pernah mengalami pilek. Pilek adalah infeksi ringan pada hidung, tenggorokan, saluran sinus, dan saluran pernapasan akibat virus. Orang yang diserang pilek biasanya mengalami gejala hidung tersumbat maupun meler. Pilek berbeda dengan flu, karena penyebab pilek adalah rhinovirus. Biasanya pilek hanya terjadi beberapa hari saja, sehingga mudah mengatasinya. Adapun cara mengatasi pilek diantaranya:

1. Konsumsi Vitamin C

Vitamin C membantu daya tahan tubuh terhadap serangan virus. Mengkonsumsi vitamin C dapat membantu mengurangi berlangsungnya pilek. Namun, mengkonsumdi vitamin C dalam dosis berlebihan dapat membuat Anda sakit perut.

2. Menghirup Uap Air Panas

Mengkonsumsi air panas bukan hanaya berguna menghangatkan tubuh, tetapi mampu meredakan pilek yang Anda derita. Air panas atau teh panas, bisa meredakan hidung tersumbat. Hirup uap air panas tersebut untuk melegahkan tenggorokan Anda. Menghirup uap air paas merangsang silia atau rambut hidung mengeluarkan kuman.

3. Minum Lemon Tea

Rajin mengkonsumsi lemon tea, dapat membantu melegahkan tenggorokan Anda. Alangkah baiknya jika Anda mengkonsumsi teh panas yang bercampur madu setiap harinya. Ini akan membentuk daya tahan tubuh Anda lebih lama. Sebab madu berfungsi sebagai antibakteri. Sedangka lemon  membantu mengencerkan lendir atau ingus.

4. Makan Makanan Panas

Makan makanan yang panas saat pilek sangat membantu, terutama makanan yang mengandung kaldu.  Sop ayam yang mengandung kaldu dapat menghambat perkembangan sel darah putih yang mendorong terjadinya infeksi.

5. Konsumsi Obat yang Tepat

Mengkonsumsi obat yang tepat adalah cara yang harus Anda lakukanan. Sebab, beda obat beda khasiat yang didapat. Jika Anda mengalami batuk pilek, maka carilah obat yang mengatasi gejala tersebut.

Kesehatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *