BLOOD MOON

Binjai Pos.com-BMKG memperkirakan bahwa pada tanggal 28 Juli 2018 akan terjadi gerhana bulan total. Bulan darah (Blood moon) terjadi ketika bulan memancarkan warna darah yang memerah. Hal ini terjadi tepatnya pada tanggal 28 Juli 2018 nanti.

Gerhana bulan total (GBT) ini juga semakin indah, karena posisi planet mars tepat berada di dekat bulan yang sedang memancarkan cahaya merahnya. Peristiwa ini terjadi di langit Indonesia. BMKG memperkirakan cuaca sangat bagus karena terjadi di musim kemarau, sehingga awan tidak menutupi kejadian tersebut. Masyarakat Sumatera Utara dapat menyaksikan gerhana bulan penuh sampai akhir.

Kita dapat menyaksikan peristiwa langka ini dengan mata telanjang malam nanti. Tepatnya dipergantian tanggal 27 dan 28, pada pukul 00.00 WIB dengan durasi 103 menit. Ketika gerhana bulan nanti, jarak bumi dan bulan semakin menjauh. Jarak bumi ke bulan yang tadinya 384.400 Km menjadi 406.100 Km. Fase purnama yang dihasilkan nanti malam disebut Minimoon, berbeda dengan gerhana yang dulu dikenal dengan sebutan supermoon.

Blood moon (bulan darah) yang terjadi nanti malam ini sungguh sangat bersejarah, karena kejadian seperti ini akan terjadi 100 tahun lagi. Syahnan, Kepala Bidang Informasi dan Data BMKG Wilayah I Medan mengatakan bahwa masyarakat yang menyaksikan gerhana nanti malam sangat beruntung. Ia pun menghimbau masyarakat menyaksikan fenomena ini dan manfaatkannya sebagai bahan pembelajaran dan penelitian oleh masyarakat.

Peristiwa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *