BinjaiPos.com – Sekalipun mobil Chevrolet Impala SS ’65 tergolong tua, tapi tenaganya tidak kalah dengan mesin mobil-mobil sekarang. Memiliki panjang 5,33meter, Chevrolet Impala SS 1965 ini tampil sangat gagah dan lebar. Disain bodi mobil ini tidak jauh berbeda dengan pendahulunya yang dibuat pada 1958. Adapun perbedaan yang sangat mencolok adalah Impala ’65 ini dibuat bermodel convertible (kabriolet). Pada bagian depan mobil dilengkapi dua buah lampu model bulat yang ditempatkan pada gril depan. Sedangkan lampu seinnya ditempatkan di bawah bemper.

Tampilan depan ini masih mengingatkan kita pada mobil-mobil yang dibuat pada ’60-an dimana gril depannya dibuat sangat lebar dengan motif garis-garis yang dikrom. Masih di bagian depan, kap mesin mobil ini dibuat panjang, saat dibuka sisa ruang mesin ini terlihat masih lega, padahal mesin yang dipergunakan V-8 big block berkapasitas 6.489cc.

Baca juga : Nissan X-Trail, Mobil SUV Paling Tangguh dan Nyaman

Pada bagian samping Impala SS ini, terdapat garis bodi yang dibuat memanjang hingga bagasi. Garis ini menjadikan mobil tampil streamline. Pada rumah roda (spakbor) mobil ini baik depan maupun belakang dibuat sangat lapang sehingga roda terkesan kekecilan. Tidak hanya ruang mesin yang dibuat lapang, bagasi pun dibuat sangat lapang sehingga dapat dimuati berbagai macam barang bawaan. Keunikan pada mobil ini terdapat di bagian belakangnya dimana lampu rem, lampu malam, dan lampu sein tidak dibuat menyatu. Akibatnya ketiga lampu tersebut berjajar pada tutup bagasi.

Interior¬†Chevrolet Impala SS ’65

Besarnya dimensi Impala membuat ruangan kabin lapang, tentunya ini sangat menguntungkan para penumpang, dimana ruang gerak penumpang jadi lebih bebas. Sekalipun Impala hanya dilengkapi dua pintu, tapi akses keluar masuk mobil ini sangat mudah. Hal ini disebabkan pintunya dibuat berukuran panjang, lebih dari satu meter. Begitu pula untuk ke ruang belakang atau jok belakang, penumpang bisa masuk dengan mudah karena jok depan dapat dilipat secara penuh ke depan. Pada ruang depan mobil ini lengkapi dua jok berukuran besar dan dibuat terpisah. Sedangkan jok belakang yang dibuat menyatu dapat diduduki oleh 4orang dewasa.

Memandangi ruang kabin pasti kita tidak akan lupa akan dasbor. Adapun dasbor yang dibuat sangat sederhana yang dilengkapi penunjuk spidometer, tachometer, penunjuk bahan bakar, serta penunjuk temperatur. Semua penunjuk meter tersebut dibuat secara analog. Selain itu pada dasbor juga terdapat radio dan tape standar bawaan pabrik.

Tuas rem tangan Impala ini tidak berada di samping pengemudi atau di konsol seperti umumnya rem tangan. Rem tangan yang dipergunakan Impala adalah model injak atau model pedal, sama dengan rem tangan yang dipergunakan pada Mercedes-Benz. Letak pedal rem ini berada di atas pedal kopling. Jadi untuk mengatifkan rem tersebut, si pengemudi tinggal menginjak saja pedal rem tersebut.

Performa¬†Chevrolet Impala SS ’65

Sumber tenaga yang dipergunakan untuk menggerakkan Impala ini adalah mesin V-8 berkapasitas 6.489cc. Mesin konvensional yang menggunakan 2 katup per silinder mampu menghasilkan tenaga 400tk pada 6.000rpm dengan torsi sebesar 547Nm pada 3.500rpm. Kompresi rasio yang dimiliki mesin mobil tersebut tergolong rendah, yaitu 7,5: 1. Akibatnya, mobil bisa menggunakan bahan bakar bensin premium. Dan, untuk meneruskan putaran mesin ke roda belakang, Impala SS dilengkapi transmisi otomatis 4 kecepatan.

LEAVE A REPLY